Teknologi

cyber security: Pengertian, Cara Kerja, dan 4 Contoh Ancaman Cyber

​​Era digitalisasi yang saling terhubung dengan jaringan internet telah memberikan berbagai dampak positif yang mempermudah aktivitas sehari-hari. Salah satu contohnya adalah kemudahan berinteraksi secara online, hingga transaksi jual beli. Namun dibalik kemajuan teknologi tersebut, terdapat sisi lain yaitu dampak negatif yang biasa disebut dengan ancaman cyber.
Ancaman siber dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab dengan memanfaatkan celah teknologi untuk keuntungan pribadi yang merugikan orang lain. Dengan maraknya kejahatan siber, beberapa pihak telah melakukan upaya untuk membentengi dan mencegah terjadinya kejahatan siber. Upaya ini biasa disebut keamanan siber. Nah, jika Anda penasaran seperti apa cyber security, cara kerjanya, dan contohnya, simak penjelasannya di artikel berikut ini.

Apa itu cyber security?

Istilah cyber security atau keamanan dunia maya mungkin masih terdengar asing di telinga Anda. Namun, istilah ini penting untuk dipahami karena dapat mempengaruhi keamanan aktivitas online yang Anda lakukan setiap hari. Keamanan siber adalah kegiatan yang dilakukan dalam rangka melindungi akses jaringan, program, dan sistem dari serangan kejahatan digital.

Kejahatan siber atau yang biasa dikenal dengan ancaman siber terus meningkat setiap tahunnya. Pada tahun 2020 saja, kejahatan dunia maya telah meningkat empat kali lipat selama pandemi. Pasalnya, di masa pandemi, frekuensi penggunaan akses internet seseorang meningkat secara signifikan. Sebagian besar aktivitas online tersebut dilakukan untuk tujuan pekerjaan, hiburan, hingga pemenuhan kebutuhan sehari-hari.

Dengan meningkatnya jumlah pengguna internet, kesenjangan atau potensi ancaman dunia maya juga semakin meningkat. Untuk itu diharapkan individu yang melakukan aktivitas online dapat memahami keamanan siber dan melakukan tindakan pencegahan.

Contoh ancaman cyber

Perkembangan ancaman cyber di internet saat ini semakin bervariasi dan terus berkembang setiap harinya. Ancaman siber yang banyak ditemukan biasanya ditujukan untuk mengakses data pribadi, menghapus informasi, hingga mengubah data yang tidak diinginkan oleh pihak terkait. Selain itu, ada beberapa kasus ancaman siber yang bertujuan untuk memeras penipuan uang, hingga mengganggu bisnis berbasis digital.
Secara umum, ada beberapa jenis ancaman dunia maya yang modus dan tujuannya telah teridentifikasi dan dapat dijadikan acuan agar Anda tidak terkena praktik ini. Berikut beberapa ancaman dunia maya yang perlu Anda ketahui.

  1. Phishing adalah aktivitas email yang menggunakan palsu yang email dibuat sedemikian rupa sehingga calon korban tidak akan curiga bahwa email tersebut merupakan ancaman cyber. Data pribadi tersebut akan ada setelah korban mengklik link berupa link atau lampiran yang tertera di email.
  2. Ransomware adalah modus kejahatan dunia maya yang menggunakan perangkat lunak yang dibuat khusus untuk mencuri data pribadi, mengambil alih akses file atau perangkat keras ke pribadi Biasanya pelaku akan meminta uang tebusan jika pemiliknya ingin mengakses perangkat keras yang terkena ransomware.
  3. Malware adalah perangkat lunak yang dibuat untuk merusak perangkat keras dan secara ilegal mendapatkan akses atau data pribadi.
  4. Rekayasa sosial adalah mode yang dilakukan dengan berbagai mode untuk mendorong Anda melakukan tindakan seperti mengklik tautan, mengunduh, hingga mengakses sebuah situs. Jika Anda terprovokasi dan akhirnya melakukan tindakan, ada potensi data pribadi Anda bocor dan bisa disalahgunakan untuk berbagai kepentingan yang merugikan.cyber security: Pengertian, Cara Kerja, dan 4 Contoh Ancaman Cyber

Cyber Security di Indonesia

Mengingat dampak dan pentingnya keamanan siber, saat ini berbagai industri yang memanfaatkan akses digital telah mencoba menerapkan keamanan siber. Beberapa langkah dilakukan, seperti sosialisasi massal pentingnya penerapan keamanan siber melalui berbagai media, penambahan perangkat keamanan dan penerapan protokol keamanan untuk data internal dan sensitif.
Selain itu, maraknya kebocoran data pribadi yang saat ini terjadi mendorong banyak perusahaan mengalokasikan anggaran khusus untuk keamanan siber. Menurut riset Palo Alto Networks, 84 persen perusahaan di Indonesia berencana menambah anggaran khusus untuk implementasi keamanan siber. Diketahui pada pertengahan tahun 2020, beberapa perusahaan teknologi besar di Indonesia mengalami kebocoran data pribadi. Data pribadi berisi nama pengguna, nomor telepon, dan alamat tempat tinggal. Data ini diketahui diperdagangkan secara online di dark web.

profesi cyber security

Meningkatnya jumlah kejahatan siber di Indonesia telah membuka peluang bagi lowongan pekerjaan baru khususnya yang bergerak di bidang keamanan siber. Jabatan tersebut diperlukan untuk membangun sistem keamanan dan menjaga keamanan data pribadi agar tidak disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.
Beberapa jabatan tidak sepenuhnya baru, ada jabatan yang sudah ada sebelumnya, namun ada juga jabatan baru yang menyesuaikan dengan perkembangan keamanan siber. Berikut ini adalah beberapa profesi yang bekerja di bidang keamanan siber.

  • Chief Information Security Officer atau CISO adalah salah satu posisi tertinggi dalam keamanan dunia maya. Jabatan ini bertanggung jawab untuk mengatur dan mengarahkan kebijakan terkait keamanan siber. Posisi ini membutuhkan seseorang yang memiliki pengalaman luas terkait keamanan siber.
  • Security engineer merupakan posisi yang cukup banyak dibutuhkan untuk membangun sebuah sistem keamanan di sebuah perusahaan. Secara umum posisi ini hampir sama dengan software engineer , dimana yang membedakan hanyalah fokus kerja pada cyber security.
  • Arsitek Security bertanggung jawab untuk merancang dan mengembangkan arsitektur sistem keamanan di sebuah perusahaan. Jabatan ini juga mengemban tanggung jawab untuk mengawasi dan mengelola struktur keamanan suatu perusahaan.
  • Security auditor adalah suatu jabatan yang tugasnya melakukan pengecekan dan pengecekan secara berkala terhadap sistem keamanan yang diterapkan di suatu perusahaan. Auditor keamanan siber bertanggung jawab untuk melaporkan jika ada ancaman atau potensi ancaman terhadap sistem keamanan perusahaan.

Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai pengertian dan cara kerja cyber security. Selain itu, melalui artikel di atas, Anda juga dapat menemukan contoh ancaman cyber yang dapat mengancam keamanan aktivitas digital Anda. Jangan lupa untuk selalu waspada dan selalu melaksanakan pengawasan terhadap keamanan siber.

Akhir Kata

Itulah Artikel “cyber security: Pengertian, Cara Kerja, dan 4 Contoh Ancaman Cyber“, Semoga bisa menambah wawasan kalian yah.
Jangan Lupa untuk share ke teman kalian dan kerabat kalian, agar mereka juga ikut mendapatkan Wawasan Terbaru juga.
Jika Ada kekurangan atau kritik dan saran jangan sungkan untuk komentar yah, karna itu sangat membantu kami untuk menjadi lebih baik lagi.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Check Also
Close
Back to top button