TeknologiLainnya

Elemen AC kunci serta Sistem kegiatannya

Elemen AC kunci serta sistem fungsinya – Sistem AC kunci ialah salah satu kelas AC yang paling tidak banyak dipakai. Central AC sendiri yakni sistem pengkondisian hawa dengan sistem penyejukan hawa terpumpun di satu tempat.
guna penerapannya mampu kita rasbakal di bangunan perkantoran yang besar, mall maupun di alat transportasi kayak bis AC.
Sistem AC ini tidak mempunyai pengaturan hawa khusus, akibatnya buat mengakalinya cukup mampu dijalani dengan membuka tutup maupun menyusun dimensi lubang hawa dari AC.
atmosfer yang pernah diatur hawanya selanjutnya didistribusikan ke seluruhnya posisi track indoor. Pada sistem instalasi AC tengah ini banyak memanfaatkan elemen yang mendukung kemampuan AC.

Elemen AC kunci guna serta Sistem Kerja

elemen pokok AC buat instalasi ruangan antara lain elemen penyejuk (Chiller), pengatur hawa/Air Handling bagian (AHU), instalasi pipa, Cooling Tower, saluran hawa/ducting, sistem pengawasan serta kelistrikan.
guna lebih memahami peranan dari elemen-elemen AC tengah ini, kita bakal membahasnya satu per satu di dasar ini.

Elemen AC Central

Chiller

Chiller ialah rantaian elemen refrigerasi maupun mesin refrigerasi yang peranannya buat menyenangkan air di bagian evaporator.
Air dingin dari evaporator selanjutnya disalurkan ke mesin FCU (Fan Coil bagian) yang beroperasi buat perputaran panas. Chiller apabila diamati dari penyejuk kondensor terbelah sebagai 2 yakni water cooler serta water cooler.
sementara itu apabila diamati dari kelas kompresornya, chiller mempunyai 3 kelas kompresor yakni.

  • Centrifugal
  • Reciprocating
  • Screw
Pompa

tampak 2 kelas pompa yang dipakai buat memompa air biar sanggup bergerak, pompa ini dipisah sebagai 2 bersumber pada penggunaannya.

  • Chilled Water Pump ialah pompa yang beroperasi buat memutar air dingin dari elemen Chiller ke koil penyejuk ke elemen pengatur hawa (AHU/FCU).
  • Condenser Water Pump maupun pompa peredaran air penyejuk cukup dipakai oleh Water Cooled Chillers. hingga peranan dari pompa ini ialah buat melaksanakan peredaran air penyejuk di Chiller condenser mengarah Cooling Tower.

AHU (Air Handling bagian)

AHU Air Control bagian yakni mesin buat memindahkan panas, hawa panas di dalam ruangan dihembuskan ke dalam koil penyejuk AHU selanjutnya hawa sebagai dingin selanjutnya dialirkan ke ruangan.

COOLING TOWER

Cooling tower ini yakni mesin penyejuk air yang eksklusif dipakai buat kelas water chiller ini, perkakas ini dipakai buat menyenangkan air penyejuk yang dipakai pada chiller condenser.
Panas dari kondensor dipindahkan ke air akibatnya air sebagai hangat/panas. sesudah air melampaui tangkai sari di tower penyejuk, air bakal menghadapi penyusutan hawa.
sesudah air sebagai dingin selanjutnya disemprotkan dengan hawa dibantu dengan blower.Elemen AC kunci serta Sistem kegiatannya

Sistem fungsi AC tengah di dalam ruangan

sesudah kita mengenal elemen pokok dari AC tengah hingga kita bakal membahas gimana pemasangan serta sistem fungsi yang diimplementasikan pada konstruksi maupun ruangan itu.
Pada bagian Chiller yang memanfaatkan sistem kompresi uap serta didalam chiller ada elemen kayak yang kita jelaskan dimenurut, cukup saja buat pemasangannya lazimnya memanfaatkan kelas kondensor maupun water cooler berpenyejuk air.
serta kayak dipaparkan di menurut, air kondensor dialirkan memanfaatkan pipa mengarah tower penyejuk serta berlangsung sistem pendinginan evaporasi.
Jadi disini sistemnya ialah indirect cooling, dimana elemen evaporator ialah zat alir yang didinginkan, bukan hawa sebagai langsung melainkan air yang mengalir dari sistem pipa.
Air yang pernah melewati pendinginan di evaporator dialirkan oleh AHU ke koil pendingin. butuh diketahui jika pada tiap-tiap AHU ada komponen yang mencakup :
Cooling coil, komponen ini dipakai buat melengserkan hawa hawa.
Filter, yang dipakai buat menyortir hawa dari abu, kotoran, serta unsur yang ada akibatnya hawa sebagai lebih bersih.
Centrifugal fan, berwujud kipas sentrifugal maupun blower serta dipakai buat mengalirkan hawa ke tiap-tiap ruangan yang sebelumnya melampaui ducting.

Kekurangan AC Central

AC Central tidak mampu menyusun suhu di tiap-tiap ruangan, serta yang mampu dijalani cumalah menyusun besar kecilnya hamburan di tiap-tiap ruangan.
Kelemahan lain dari AC ini ialah apabila berlangsung kebobrokan pada AC hingga seluruhnya ruangan akan mati akibat seluruhnya sistem terpumpun di satu tempat.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas sanggup disimpulkan jika sebagai pendek prinsip fungsi AC tengah di dalam ruangan ialah mengisap hawa dari dalam ruangan selanjutnya mencampurnya dengan udara fresh dari seputarnya yang komposisinya sanggup diatur.
seterusnya komposit udara masuk ke AHU ke penyaring, dilanjutkan ke centrifugal fan serta cooling coil.
sesudah melampaui koil pendingin udara dingin didistribusikan sebagai menyeluruh ke semua ruangan melewati instalasi ducting.
Pemasangan dusting ini mampu amat lama akibatnya mampu menjangkau posisi yang pas jauh.
boleh jadi itu saja data hal komponen-komponen AC tengah serta sistem kerja AC tengah di dalam ruangan.
moga-moga tulisan ini sanggup menambahkan pemahaman kamu perihal AC, dapat kasih.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button