Teknologi

Mengenal Color Grading Mulai dari Pengertian, Fungsi, 6 Tools, hingga Proses

Dalam mengedit sebuah video atau foto, biasanya editor akan melakukan color grading. Dapat dikatakan bahwa color grading adalah salah satu kunci utama untuk membuat warna pada video atau foto menjadi lebih menarik. Misalnya dalam pembuatan film, color grading diberikan dapat mencerminkan mood dari film itu sendiri. Dengan ujar lain, color grading dapat membuat gambar alias film lebih menceritakan. Yuk, kenali color grading dari definisi hingga prosesnya.

Apa itu gradasi warna?

Color grading adalah proses perubahan warna baik pada media foto maupun video. Proses koreksi warna ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari shot matching, shape mask, menghilangkan objek, dan lain-lain. Jadi, tingkat kerumitan grading warna juga bervariasi, tergantung pada preset atau tema.
Tidak semua foto atau video bisa diberi color grading. Dalam melakukan koreksi atau manipulasi warna, foto atau video juga harus berkualitas tinggi. Hal ini dimaksudkan agar foto atau media tersebut memiliki resolusi yang tinggi.

Fungsi Color grading

Dengan penjelasan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa color grading merupakan elemen yang sangat penting agar foto dan video menjadi lebih “hidup”. Dilansir dari Creativebloq, film animasi seperti Pixar juga menggunakan color grading guna membangun mood penonton. Selain itu, ada fungsi lain dari color grading. Diantaranya:

  • Membangun suasana (ambience) sesuai tema atau topik, plot, dan konsep cerita
  • Memberikan tampilan sinematik
  • Membuat video kita terlihat lebih profesional dan berkualitas
  • Melakukan shot matching agar tidak merusak perspektif imajinasi penonton

Mengenal 6 alat color grading

Proses dalam membuat color grading memang sulit. Namun, semuanya bisa dipelajari selangkah demi selangkah. Tidak hanya profesional, seorang amatir juga bisa melakukan color grading dengan menggunakan aplikasi yang bisa diunduh di smartphone. Untuk dapat mengubah warna, Anda perlu memperhatikan tools :

1. Brightness and contrast

Kecerahan pada color grading digunakan untuk mengatur tingkat kecerahan pada konten video atau foto. Namun, jika Anda mengubah kecerahan, kontras juga akan berubah dan sebaliknya. Ubah kecerahan sesuai eksposur sehingga warna foto atau video terlihat seimbang.

2. White balance

Jika brightness berguna untuk mengatur tingkat kecerahan, maka berbeda dengan white balance yang berguna untuk mengatur suhu pada foto atau video. Alat white balance dapat membuat foto memiliki nada hangat atau dingin tergantung mood yang diinginkan

3. Korektor warna tiga arah

Untuk memudahkan gradasi warna, editor biasanya menggunakan korektor warna tiga arah. alat ini digunakan untuk mengubah saturasi, hue, kontras, dan kecerahan secara langsung.Mengenal Color Grading Mulai dari Pengertian, Fungsi, 6 Tools, hingga Proses

4. Unsharp mask dan sharpening tool

Jika ketiga tool di atas digunakan untuk mengubah warna dan kecerahan, maka unsharp mask dan sharpening tool digunakan untuk mengubah ketajaman resolusi foto atau video.

5. Kurva

Bagi yang sudah ahli, kurva digunakan untuk mengubah warna keseluruhan foto atau video. Untuk menggunakan tool ini harus dibiasakan terlebih dahulu agar warna video atau foto tidak terlalu berlebihan atau malah menjadi salah warna.

6. Pencocokan warna

Bagaimana cara menyeragamkan warna pada foto atau video? Biasanya editor menggunakan alat pencocokan warna. Namun, tidak semua langsung menjadi bagus dalam satu sentuhan. Anda juga perlu melakukan beberapa perubahan dan penyesuaian agar warna pada foto atau video lebih enak dipandang mata.

Akhir Kata

Itulah Artikel “Mengenal Color Grading Mulai dari Pengertian, Fungsi, 6 Tools, hingga Proses“, Semoga bisa menambah wawasan kalian yah.
Jangan Lupa untuk share ke teman kalian dan kerabat kalian, agar mereka juga ikut mendapatkan Wawasan Terbaru juga.
Jika Ada kekurangan atau kritik dan saran jangan sungkan untuk komentar yah, karna itu sangat membantu kami untuk menjadi lebih baik lagi.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Check Also
Close
Back to top button