Lainnya

Petroleum Jelly Tidak Sengaja Tertelan, Efek Samping Ini Mungkin Muncul

Di Indonesia, petroleum jelly sekarang telah diketahui banyak orang. Kegunaannya juga cukup beragam, mulai dari merawat kulit kering hingga membantu membersihkan luka. Namun, jika petroleum jelly tidak sengaja tertelan, adakah efek samping yang bisa membahayakan tubuh?

Apa itu petroleum jelly?

Sebelum membahas apa saja efek samping dari mengonsumsi petroleum jelly, kenali dulu kandungan apa yang terkandung dalam krim bertekstur lembut ini.
Petroleum jelly adalah krim yang tidak termasuk dalam zat berbahaya. Selain tidak berbau dan berasa, krim ini berasal dari minyak bumi dan sering digunakan dalam dunia kesehatan.
Mulai dari pelembab kulit, pengganti lemak pada salep dan kosmetik, hingga minyak pelumas untuk mencegah karat.
Petroleum jelly dihasilkan dari proses reduksi oil wax menjadi minyak yang dilelehkan pada suhu 38-54°C dan bercampur dengan hidrokarbon.
Karena itu, seperti yang tertulis pada labelnya, sebaiknya petroleum jelly hanya digunakan di bagian luar tubuh alias kulit Anda.

Efek Tertelan Petroleum Jelly

Sebagai krim yang memiliki warna bening dan tekstur lembut, petroleum jelly biasa digunakan untuk menjaga kelembapan dan mencegah iritasi kulit.
Bahkan, krim yang dikenal sebagai petrolatum ini juga sering digunakan sebagai bahan utama lotion dan kosmetik lainnya.
Orang dewasa mungkin tahu bahwa krim ini tidak boleh dimakan. Namun, jika diletakkan di tempat yang dapat dijangkau oleh anak-anak, tentu saja risiko menelan petroleum jelly sangat besar.
Jika Anda menelan sedikit petroleum jelly, krim ini dapat bertindak seperti pencahar, sehingga tinja Anda bisa menjadi terlalu lunak.
Jika dikonsumsi dalam jumlah banyak, tentu bisa membuat orang yang mengonsumsinya tersedak. Akibatnya, batuk dan muntah bisa terjadi.
Dalam beberapa kasus, seperti dilansir Missouri Poison Center, menelan petroleum jelly dapat menyebabkan masalah paru-paru. Hal ini karena petroleum jelly adalah zat berminyak dan mungkin tidak masuk ke saluran pencernaan, tetapi ke paru-paru.
Jika Anda atau anak Anda tidak sengaja mengonsumsi krim tersebut, segeralah minum air putih agar tekstur dan rasa di lidah hilang.
Namun, menurut American Academy of Pediatrics, petroleum jelly adalah produk yang tidak berbahaya jika tertelan.
Namun, jika Anda atau orang lain secara tidak sengaja menelan krim dan mengalami gejala berikut, silakan pergi ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan.

  • Diare
  • Kram perut
  • Mual dan muntah
  • Sakit tenggorokan
  • Sesak napas

Langkah pertama yang mungkin Anda ambil adalah berhenti menggunakan produk. Kemudian, jika ini terjadi pada anak atau orang lain, tidak perlu membuat mereka memuntahkan zat tersebut.Petroleum Jelly Tidak Sengaja Tertelan, Efek Samping Ini Mungkin Muncul

Tips penggunaan petroleum jelly yang aman

Setelah mengetahui apa saja efek samping jika tertelan petroleum jelly, kenali cara penggunaan petroleum jelly yang aman, seperti:

  • Simpan petroleum jelly dan obat kulit lainnya jauh dari pasta gigi atau obat oral lainnya.
  • Jauhkan krim dan obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan simpan di rak paling atas.
  • Baca label obat setiap kali Anda menggunakannya.

Petroleum jelly mungkin bukan senyawa yang berbahaya, tetapi jika tertelan, risiko efek samping pada saluran pencernaan dan organ lainnya bisa muncul. Oleh karena itu, selalu baca label obat setiap kali Anda menggunakannya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button