TeknologiLainnya

Mengenal Lebih Jauh Programmer dan Profesi Lain di Bidang IT

Berkat era revolusi industri yang telah berjalan sejak tahun 1750, kini semua kemudahan dapat kita nikmati melalui layar digital. Selain itu, untuk menyesuaikan waktu. Sektor industri memberikan sensasi baru berupa tingginya kebutuhan akan tenaga profesional di bidang Teknologi Informasi (TI), khususnya programmer. Sayangnya, sebagian orang masih awam dengan dunia IT. 
Saat ini sudah banyak perusahaan yang menggunakan aplikasi berbasis WEB untuk karyawan yang bekerja dari rumah. Dengan demikian, semua kegiatan bisa terpantau meski tidak bertemu secara langsung.
Namun sepertinya masih banyak orang yang beranggapan bahwa staf IT adalah nama lain dari programmer dan job desk hanya coding. Tentu hal ini tidak sepenuhnya salah. Namun, tahukah Anda bahwa sebenarnya personel IT itu terdiri dari banyak bagian profesi? Guna lebih jelasnya yuk kita perhatikan data seterusnya ini.

Pengertian Programmer

Programmer adalah profesi yang tugasnya menulis sistem/kode menggunakan bahasa pemrograman (HTML, PHP, Python, SQL, Java, dll) untuk membangun perangkat lunak seperti perangkat lunak, aplikasi, situs web, rumus data, dan banyaklagi.
Tidak hanya merancang dan membuat perangkat lunak atau software, seorang programmer juga umumnya dituntut untuk dapat menguji suatu perangkat lunak agar siap digunakan dan mencakup pemeliharaan suatu perangkat lunak untuk memastikan perangkat lunak berjalan secara optimal.

Jenis-Jenis Programmer

Seiring dengan perkembangan zaman yang terus membuat kebutuhan akan tenaga kerja di bidang IT termasuk tingginya permintaan programmer oleh perusahaan, terdapat juga berbagai jenis programmer dengan job description atau tugas yang lebih khusus pantas dengan keinginan perseroan.

Web Programmer (Web Developer)

Seperti namanya, seorang web developer bertugas untuk membangun sebuah website dari awal atau fokus untuk mengembangkannya. Termasuk mengerjakan konten website seperti tampilan dan fitur website menggunakan bahasa pemrograman.
Mengingat pekerjaan digital seperti web developer bisa dilakukan dari rumah. Umumnya web developer memiliki peluang kerja yang cukup tinggi. Selain itu, setiap perusahaan pasti memiliki alamat website yang tentunya membutuhkan tenaga ahli untuk mengelola dan mengembangkannya. 
Pekerjaan umum seorang web developer di suatu perusahaan adalah membuat website penjualan produk, company profile, customer service, dan masih banyak lagi.Tim web programmer dibagi menjadi tiga bagian:

  • Front-end Developer

Dalam proses pembuatan website, Front-end developer ibarat penjaga di garis depan sebuah website yang biasa disebut client- samping. Tugasnya adalah mengubah desain dari desainer UI/UX menjadi situs web dinamis. Proses konversi ini biasanya disebut slicing. Oleh karena itu, seorang front-end developer juga memiliki kewajiban untuk memastikan tampilan website kembali. Apakah sudah sesuai dengan kesepakatan desainer atau tidak.

  • Back-end Developer

Di satu sisi yang berbeda dengan front-end developer, back-end developer memiliki tugas yang tidak terlihat oleh website/client-side. Ibaratnya, seorang back-end developer adalah seorang arsitek yang mendesain pembangunan sebuah website. Tugas seorang back-end developer adalah merancang perangkat lunak dari sisi server yang menggabungkan database, scripting, dan logika menggunakan coding. 
Tidak hanya itu, back-end developer juga memiliki peran lain. Seperti menjaga dan mengelola keamanan website dari hacking, menyelesaikan masalah server, mengelola database, dan masih banyak lagi.
mengoptimalkan tugas-tugas back-end dengan menggunakan helpdesk yang terintegrasi dengan berbagai sistem, mudah didelegasikan, dapat dikelola secara otomatis pada satu platform, dan banyak lainnya.

  • Full-stack Developer

Bersamaan dengan front dan back-end developer, full-stack developer bertugas membangun website baik dari sisi server (back-end) menggunakan PHP, java, javascript, database hingga front-endmenggunakan XML. , HTML, dan CSS. 

Application Programmer / Software Engineer

Seorang Software Engineer atau programmer aplikasi, memiliki peran sebagai pembuat aplikasi yang biasa kita gunakan pada smartphone dan komputer. Misalnya saja aplikasi media sosial yang sering Anda gunakan di smartphone, hingga software yang terinstal di komputer Anda seperti browser dan antivirus.

Programmer Perpustakaan

Profesi yang satu ini ibarat seorang pencipta yang menciptakan seorang pencipta. Secara garis besar pemrogram perpustakaan adalah profesi yang mempunyai tugas membuat pemrograman aplikasi/software . Jadi, seorang pemrogram perpustakaan akan mengembangkan aplikasi untuk pemrogram lain untuk membuat perangkat lunak.

System Engineer

System Engineer adalah seseorang yang tugasnya memberikan update pada sistem operasi (OS) yang ditanganinya. Selain itu, pemrogram sistem berperan untuk memantau dan memastikan apakah suatu sistem operasi dapat berjalan dengan baik dan lancar. System engineer juga memiliki tiga jenis bagian kerja, yaitu kernel, compiler, dan device driver.Mengenal Lebih Jauh Programmer dan Profesi Lain di Bidang IT

Software Developer

 Next adalah sebuah profesi yang tugasnya menciptakan produk digital (software) melalui riset. Pengembang perangkat lunak juga memiliki tugas utama lainnya seperti merancang, menginstal, dan menguji perangkat lunak dan sistem. Bagi orang yang masih baru di dunia IT, pekerjaan ini sepertinya memang memiliki kesamaan yang identik dengan programmer software engineer. Namun, mereka sebenarnya memiliki perbedaan yang signifikan bagi para profesional TI.

Analis Keamanan Informasi

Pernahkah Anda mendengar tentang kebocoran data dari sebuah perusahaan? Dalam situasi ini, analis keamanan adalah profesi yang harus turun ke lapangan untuk menangani insiden tersebut. Seorang analis keamanan memiliki tugas untuk mengamankan data penting perusahaan seperti informasi yang sangat sensitif untuk diketahui oleh pihak luar. 
Selain itu, profesi ini juga bertugas menganalisis potensi yang dapat membahayakan data perusahaan dan memikirkan rencana untuk kemudian mengimplementasikannya ke dalam sistem keamanan perusahaan.

Analis Sistem

 Ketika sebuah perusahaan menginginkan pengembangan untuk salah satu layanan digitalnya, inilah saatnya Analis Sistem melakukan tugasnya. System Analyst akan melakukan penelitian dan kajian , membuat perencanaan, mengkoordinasikan, dan memberikan rekomendasi perangkat lunak yang akan digunakan oleh perusahaan dari hasil penelitian tersebut. Maka dari itu seorang analis sistem merupakan kunci dari pengembangan suatu sistem. 
Guna mempermudah berat operasi kamu selaku Programmer, kamu sanggup memakai

Dukungan TI

IT support adalah seorang teknisi di suatu perusahaan yang tugasnya memecahkan masalah umum yang terjadi pada komputer. Selain itu, dukungan TI juga memiliki peran lain seperti instalasi perangkat lunak, perbaikan perangkat keras, serta mengevaluasi perbaikan komputer, sistem jaringan, dan perangkat lunak.

Database Administrator

 Seorang database administrator memegang tanggung jawab yang cukup besar dalam sebuah perusahaan. Administrator basis data memiliki tugas penting sebagai pemegang kendali data perusahaan yang hanya dapat diakses jika memiliki izin. Administrator basis data juga memiliki tugas lain seperti merancang basis data, memelihara basis data, dan memperbaiki basis data.

Network Engineer

 Beralih ke bagian terakhir, sesuai dengan namanya, seorang network engineer memiliki job-desk yang berhubungan dengan jaringan komputer di perusahaan. Mereka juga menjalankan peran penting seperti memastikan koneksi internet yang lancar dan mengelola semua jaringan komputer di perusahaan untuk tujuan seperti pertukaran data.

Kesimpulan

Di sini kita telah membahas berbagai profesi personel TI. Bagi Anda yang tertarik berkarir di bidang teknologi informasi ini, tidak perlu takut sektor karir ini tidak akan memberikan peluang yang tinggi. Mengingat saat ini hampir semua perusahaan telah melakukan digitalisasi yang akan mempengaruhi permintaan SDM di bidang IT.

Akhir Kata

Itulah Artikel “Mengenal Lebih Jauh Programmer dan Profesi Lain di Bidang IT“, Semoga bisa menambah wawasan kalian yah.
Jangan Lupa untuk share ke teman kalian dan kerabat kalian, agar mereka juga ikut mendapatkan Wawasan Terbaru juga.
Jika Ada kekurangan atau kritik dan saran jangan sungkan untuk komentar yah, karna itu sangat membantu kami untuk menjadi lebih baik lagi.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button