Lainnya

6 Tips Sukses Membuka Restoran Berkonsep Vegan

Gaya hidup sehat masyarakat perkotaan nampaknya mendorong pemilik restoran untuk menciptakan konsep baru di restorannya. Tidak sedikit restoran yang berkonsep vegan atau terus bermunculan. Seiring dengan perkembangan pola pikir masyarakat, jenis restoran vegetarian dan vegan diprediksi akan semakin banyak dikunjungi. Tertentu buat restoran vegan misalnya, di Jakarta paling tidak tampak lebih dari 10 restoran vegan.
Jika Anda tertarik untuk membuka restoran vegan dengan sukses, Anda dapat mencoba menggunakan sistem ERP makanan dan minuman untuk memudahkan manajemen bisnis Anda dengan meningkatkan penjualan, menjaga ketersediaan inventaris, dan meningkatkan retensi pelanggan. Selain itu, Anda bisa mencoba 6 tips sukses membuka restoran berkonsep vegan

Apa itu Vegan?

Sebelum memutuskan untuk membuka restoran vegan, ada baiknya pahami dulu definisi vegan. Secara sederhana, seorang vegan adalah seseorang yang tidak makan protein hewani dan biasanya juga seorang pencinta lingkungan. Menjadi seorang vegan bukan hanya karena ingin menjaga kesehatan tubuh, tetapi juga untuk menjaga keseimbangan ekosistem. Seorang vegan akan menghentikan kebiasaan menggunakan tas kulit, sepatu atau jaket. Mereka juga anti-penggunaan produk plastik atau setidaknya meminimalkan penggunaannya.
Membangun restoran vegan bukan hanya tentang menyajikan makanan nabati yang sehat, tetapi juga bagaimana kepedulian Anda akan menjaga keseimbangan ekosistem. Oleh karena itu, pemilihan bahan alat makan, hingga kursi meja dan dekorasi juga harus diperhatikan.

Rekrut staf berpengalaman

Untuk membuka restoran vegan, tidak cukup merekrut staf berpengalaman di bidang restoran kasual. Pengusaha restoran harus mempertimbangkan untuk mempekerjakan karyawan berpengalaman di restoran vegan. Bahkan, jika memungkinkan, rekrut mereka yang vegan.
Staf biasa mungkin tidak dapat menjelaskan mengapa agave nektar tidak dapat diganti dengan madu. Memiliki staf vegan akan mengurangi risiko kesalahan dalam proses memasak dan penyajian. Jika Anda tidak menemukan staf vegan, pastikan Anda memberikan pelatihan agar mereka mengerti.

Gunakan perangkat lunak

Untuk restoran vegan, kehadiran perangkat lunak tidak hanya akan menyederhanakan operasi sehari-hari. Dengan menggunakan software, penggunaan kertas ditiadakan karena penyusunan laporan, menu makanan, dan lain-lain dapat dilakukan secara digital. Dengan menggunakan sistem POS, Anda dapat mencetak struk secara digital, mengelola pelanggan dan penjualan dari seluruh cabang dalam satu platform.6 Tips Sukses Membuka Restoran Berkonsep Vegan

Menyajikan menu yang menarik

Serupa restoran lain pada biasanya, pemilik restoran vegan perlu ada skema yang matang saat sebelum membuka restoran. Salah satunya adalah memikirkan bagaimana makanan akan disajikan. Jika burger dan steak tempe mainstream, cobalah membuat menu yang lebih kreatif. Di zaman modern seperti sekarang ini banyak sekali tutorial membuat menu kreatif yang bisa kamu dapatkan secara gratis dan mudah, contohnya dari youtube.

Memilih lokasi yang tepat saat membuka restoran vegan

Tidak sedikit orang non-vegan yang juga menyukai makanan vegan. Mereka yang memiliki pola hidup sehat, misalnya. Cobalah untuk menemukan lokasi yang tepat dan akses mudah untuk orang-orang ini. Misalnya, Anda dapat membuka restoran vegan di dekat studio yoga dan pilates, atau gym.

Ciptakan suasana yang berbeda

Salah satu alasan mengapa orang ingin pergi ke restoran, termasuk restoran vegan, adalah karena mereka ingin menikmati suasana yang berbeda. Jadi, ada baiknya memikirkan konsep restoran mulai dari eksterior dan interiornya. Banyak pemilik restoran memilih gaya minimalis selama hari pembukaan mereka dan mengembangkan konsep baru seiring berkembangnya restoran.

Akhir Kata

Itulah Artikel “6 Tips Sukses Membuka Restoran Berkonsep Vegan“, Semoga bisa menambah wawasan kalian yah.
Jangan Lupa untuk share ke teman kalian dan kerabat kalian, agar mereka juga ikut mendapatkan Wawasan Terbaru juga.
Jika Ada kekurangan atau kritik dan saran jangan sungkan untuk komentar yah, karna itu sangat membantu kami untuk menjadi lebih baik lagi.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button