Teknologi

Perbedaan Sistem Operasi 32-bit dan 64-bit di Windows

Rata-rata pengguna komputer atau laptop menggunakan Windows dibandingkan OS lainnya. Banyak pengguna mempercayai sistem operasi karena lebih mudah digunakan dan dipahami. Nah, Windows sendiri mengimplementasikan dua basis sistem yang berbeda yang mungkin tidak diketahui oleh sebagian orang. Dua sistem dasar tersebut antara lain 32 bit dan 64 bit.
Mengetahui perbedaan antara 32 bit dan 64 bit cukup penting karena keduanya diprogram untuk sistem yang terpisah. Yuk, cari tahu lebih lanjut tentang perbedaan 32 bit dan 64 bit di Windows.

Pengertian bit

Dikutip dari ubiqu.id, bit adalah ukuran data terkecil dalam sebuah komputer dan merupakan singkatan dari istilah binary digit yang digunakan oleh John W. Tukey. Nah, bit itu sendiri hanya terdiri dari dua angka, yaitu “satu” dan “nol”.
Namun, komputer akan menggabungkan kedua angka tersebut untuk menghasilkan berbagai informasi. Dalam dunia internet, bit ini digunakan untuk merujuk pada kecepatan atau jumlah bit yang digunakan. ditransfer dalam satu detik atau bps (bit/detik).
Sedangkan di dunia komputer, perbedaan antara 32 bit dan 64 bit mengacu pada sistem operasi (OS), perangkat lunak, jenis CPU, driver, Dll.

Perbedaan antara 32 bit dan 64 bit

Tentu saja ada beberapa perbedaan antara keduanya. dasar Windows. Berikut perbedaan antara 32 bit dan 64 bit yang penting untuk Anda ketahui:

1. Kinerja Prosesor

Pada dasarnya, perbedaan antara 32 bit dan 64 bit di Windows terletak pada kemampuan kinerja prosesor. Jika dibandingkan, tentunya Anda bisa menebak bahwa teknologi prosesor 64 bit lebih unggul dari
teknologi prosesor Windows berbasis 64 bit lebih cocok untuk mengoperasikan aktivitas yang lebih berat, seperti desain, editing video, hingga bermain game. Sedangkan Windows ditujukan untuk melakukan aktivitas ringan dan hanya bisa mengoperasikan aplikasi yang tidak terlalu berat.

2. Jumlah RAM

Banyak orang tahu bahwa perbedaan antara 32 bit dan 64 bit adalah jumlah maksimum RAM yang dapat digunakan. Keduanya memiliki batasan RAM maksimal yang berbeda. Windows dengan 64 bit memiliki jumlah batas RAM yang lebih tinggi daripada 32 bit.
Penting untuk Anda ketahui, bahwa Windows dengan 32 bit memiliki penggunaan RAM maksimal kurang dari 4GB atau hanya sekitar 3,2GB. Buat Windows 64 bit ada jumlah RAM sebesar 4GB maupun malahan lebih.

3. Perangkat Lunak

Perbedaan antara 32 bit dan 64 bit juga terlihat dalam hal kompatibilitas perangkat lunak yang diinstal pada perangkat Anda. Windows 64 bit sanggup melaksanakan aplikasi 32 serta 64 bit. Namun, tidak berlaku sebaliknya karena Windows 32-bit tidak dapat menjalankan software 64-bit

4. Daya untuk memproses data

Perbedaan antara 32 bit dan 64 bit secara arsitektur akan terlihat cukup jelas. Perbedaan arsitektur ini akan sangat mempengaruhi kinerja komputer Anda. Angka-angka di kedua basis mengacu pada jumlah data yang dapat diproses komputer dalam satu putaran. Hal ini membuat Windows, data, dan prosesor 64-bit memiliki performa yang lebih cepat dan maksimal dibandingkan Windows.Perbedaan Sistem Operasi 32-bit dan 64-bit di Windows

Kelebihan dan Kekurangan 32-bit dan 64-bit

Setelah mengetahui perbedaan antara 32-bit dan 64-bit, penting juga bagi Anda untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari kedua Windows. Lihat keistimewaan serta kekurangannya di dasar ini.

1. Kelebihan 64 bit

  • Memiliki kemampuan yang mendukung kinerja prosesor agar bekerja secara maksimal
  • Mampu menjalankan software 32 bit
  • Kinerja lebih cepat, efektif dan efisien
  • Mampu menjalankan software terbaru

2. Kelemahan 64 bit

  • Tidak kompatibel dengan PC lama
  • Tidak dapat bekerja maksimal dalam menggunakan RAM 2GB

3 Kelebihan 32 bit

  • Mampu menjalankan software dan aplikasi berbasis 16 bit
  • Beroperasi dengan baik dan optimal walaupun hanya memiliki RAM 2GB
  • Kompatibel dengan drive, komputer dan laptop

4. Kelemahan 32 bit

  • Tidak dapat menggunakan RAM lebih dari 4GB
  • Tidak dapat mengoperasikan software berat
  • Beberapa perangkat lunak kompatibel

Bagaimana cara memeriksa jumlah bit di Windows?

Apakah Anda ingin tahu jumlah bit di Windows digunakan? Cara tercepat untuk mengetahui Windows Anda gunakan adalah dengan memeriksa Control Panel.
Metode lain yang mudah untuk mengetahui arsitektur OS yang Anda jalankan di Windows, adalah dengan memeriksa folder Program Files, di mana informasi lebih lanjut tentang hak-hak ini akan tersedia. Guna mengamati arsitektur alat keras, kalian bisa membuka Command Prompt serta memasukkan perintah:

echo %PROCESSOR_ARCHITECTURE%

Anda akan mendapatkan respons seperti amd64 untuk menunjukkan sistem berbasis x64 atau x86 untuk 32 bit.
Dengan mengetahui perbedaan antara 32-bit dan 64-bit tersebut di atas, diharapkan tidak ada software dan driver. Jadi akan lebih mudah bagi Anda untuk menemukan software yang tepat untuk komputer atau laptop Anda.

Akhir Kata

Itulah Artikel “Perbedaan Sistem Operasi 32-bit dan 64-bit di Windows“, Semoga bisa menambah wawasan kalian yah.
Jangan Lupa untuk share ke teman kalian dan kerabat kalian, agar mereka juga ikut mendapatkan Wawasan Terbaru juga.
Jika Ada kekurangan atau kritik dan saran jangan sungkan untuk komentar yah, karna itu sangat membantu kami untuk menjadi lebih baik lagi.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button