Teknologi

Google Perkenalkan Sistem Operasi Android 12L Untuk Tablet dan Perangkat Lipat, Ini Fiturnya

Setelah diumumkan pertama kali dalam bentuk preview, Google akhirnya resmi memperkenalkan sistem operasi Android 12L yang merupakan penerus Android 12. Sistem operasi ini bisa dinikmati mulai akhir tahun 2022 untuk perangkat tablet dan lipat.
Informasi ini disampaikan langsung oleh Google melalui situs resminya dalam artikel yang ditulis oleh Andrei Popescu selaku VP of Engineering Android. Samsung, Lenovo, dan Microsoft dikabarkan menjadi produsen perangkat yang dipilih untuk menggunakan sistem operasi Android 12L.
Seperti dilansir The Verge, Lenovo sendiri telah menghadirkan tablet P12 Pro yang sudah menjalankan Android 12L versi beta. Untuk perangkat dari Microsoft, Google tidak menyebutkan seri mana yang akan dibekali dengan sistem operasi Android 12L namun diperkirakan perangkat tersebut adalah Microsoft Surface Duo 2.
Sementara itu, Google menyebutkan Samsung Galaxy Z Fold3 5G dan Galaxy Z Flip3 5G akan menggunakan Android 12L. Tidak tertutup kemungkinan Samsung Galaxy Tab juga akan didukung sistem operasi Android 12L mengingat sistem operasi baru ini menyasar perangkat tablet.
Untuk perangkat tablet melalui Android 12L, Google juga menghadirkan Kids Space dan Entertainment Space yang dihadirkan untuk melengkapi kebutuhan pengguna dalam aktivitas hiburan untuk anak dan keluarga.
Selanjutnya, sistem operasi Android 12L menawarkan berbagai fitur menarik yang dirancang khusus bagi pengguna untuk lebih memanfaatkan layar besar sehingga pengoperasian menjadi lebih mudah dan sederhana.
Terutama untuk memudahkan pengguna melihat dan mengoperasikan layar dengan update layout dua kolom untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dari tampilan layar utama, lock screen, notification shade, layar pengaturan perangkat, pengaturan, dan masih banyak lagi.
Sebelumnya, pengguna sering menggesek ke bawah untuk memeriksa dan menghapus notifikasi, kini Google telah memindahkan ikon notifikasi dengan menambahkan kolom khusus sendiri.
Dengan demikian pengguna memiliki lebih banyak ruang untuk melihat dan menghapus notifikasi. Pengguna Android 12L akan dapat melihat atau menghapus notifikasi di kolom kanan sedangkan pengaturan perangkat di kolom kiri.
Pembaruan Android 12L juga memberikan perubahan pengaturan fitur tanpa harus masuk dan keluar setiap bagian. Misalnya, untuk mengganti wallpaper di perangkat, pengguna hanya perlu memilih “Wallpaper & gaya” dari panel navigasi di kolom kiri dan memilih pengaturan yang lebih detail di kolom kanan hanya dalam satu layar tanpa menular ke pagina lain.
Google Perkenalkan Sistem Operasi Android 12L Untuk Tablet dan Perangkat Lipat, Ini Fiturnya
Untuk meningkatkan produktivitas pengguna, Google juga menyediakan fitur lebih dari satu jendela atau task bar untuk membantu pengguna bekerja multitasking sehingga dapat beralih antar aplikasi dalam satu tampilan tanpa berpindah ke halaman lain.
Ini memungkinkan pengguna untuk melakukan dua pekerjaan sekaligus dengan mode layar terbagi dalam satu tampilan. Pengguna juga dapat menarik dan melepas atau melepas aplikasi dengan menyentuh layar.
Misalnya, pengguna dapat secara bersamaan menonton video YouTube yang diinginkan sambil melihat berita terkait dan kemudian dapat menghapus halaman YouTube yang sedang ditonton. Selain itu, pengguna juga bisa sambil melakukan pencarian lain selain melihat YouTube seperti masuk ke browser Chrome untuk melihat referensi yang dibutuhkan.

Akhir Kata

Itulah Artikel “Google Perkenalkan Sistem Operasi Android 12L Untuk Tablet dan Perangkat Lipat, Ini Fiturnya“, Semoga bisa menambah wawasan kalian yah.
Jangan Lupa untuk share ke teman kalian dan kerabat kalian, agar mereka juga ikut mendapatkan Wawasan Terbaru juga.
Jika Ada kekurangan atau kritik dan saran jangan sungkan untuk komentar yah, karna itu sangat membantu kami untuk menjadi lebih baik lagi.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button